Prosesor MediaTek Helio X20, melengserkan Exynos 7420 dan Snapdragon 810!

Android memang kental akan nuansa pertarungan spesifikasi hardware. Dulu kita menganggap bahwa RAM 1GB di ponsel sudah sangat wah, saat ini RAM 1 GB hanya untuk ponsel Android kelas bawah. Saat ini trend RAM 4GB pun mulai menjamur untuk ponsel flagship papan atas Android. Hal ini pun terjadi dalam banyak aspek, resolusi layar, kapasitas batrei, ukuran layar, kekuatan prosesor, kekuatan GPU, dan banyak aspek lainnya. Di ranah prosesor terdapat banyak pemain, tetapi beberapa nama yang disegani adalah Qualcomm dengan Snapdragon series nya, Mediatek dengan MTK seriesnya, dan Exynos bikinan Samsung.

 photo 1301134mediatek-helio-x20780x390_zpspllhcepp.jpg

Dalam hal berikut saya akan coba mengulas prosesor terbaru dari Mediatek, yaitu Helio X20 atau dikenal dengan kode Mediatek MT6797. Prosesor ini sangat istimewa, dikarenakan memiliki 10 inti (deca core) prosesor yang menggunakan arsitektur Tri-Cluster dan disandingkan dengan GPU Mali-T880 MP4. Hal ini diketahui publik melalui screenshot Geekbench (situs khusus benchmark prosesor). Dari screenshot tersebut diketahui bahwa Helio X20 dipasangkan pada HTC One A9 yang rencananya akan rilis ke publik pada 29 September 2015 nanti.
MediaTek MT6797 memiliki dua core Cortex-A72 berkecepatan 2,5 GHz untuk mengerjakan tugas berat, empat core Cortex-A53 berkecepatan 2 GHz untuk tugas menengah dan empat core Cortex-A53 berkecepatan 1,4 GHz untuk tugas ringan. Seluruhnya menggunakan proses fabrikasi 20 nm. MediaTek mengklaim bahwa konfigurasi pembagian kerja semacam ini bisa menghemat daya tahan baterai hingga 30 persen dibanding chip konvensional, sementara kinerja ponsel bisa dijaga agar tetap mulus.

 photo mediatek-helio-x20_zpskjxamzxg.jpg
Dengan chipset MediaTek MT6797, skor yang dihasilkan cukup impresif. Skor single-core yang diperoleh mencapai 1.835 poin. Sedangkan skor multi-core yang didapatkan adalah 5.884 poin. Sebagai perbandingan, chipset Exynos 7420 yang digunakan oleh Samsung Galaxy S6 memiliki skor 1.495 poin untuk single-core dan 5.375 poin untuk multi-core. Begitupun skor dari Snapdragon 810 yang digunakan pada smartphone papan atas, semisal Sony Xperia Z5, tak mampu menandingi kehebatan Helio X20. Bahkan chipset Exynos 8890 yang kini tengah diuji pada perangkat Samsung yakni Lucky-LTE (diduga perangkat ini adalah Galaxy S7) juga tidak mampu menandinginya.
Ada 2 versi Helio X20 yang bocor ke publik, yaitu versi RAM 3GB dan Versi RAM 4GB. Meski menggunakan spesifikasi yang berbeda, keduanya menghasilkan skor yang tak jauh berbeda. Baik pada pengujian single-core maupun pengujian multi-core. Versi 3 GB mampu menghasilkan skor yang lebih tinggi karena menggunakan clock speed yang lebih tinggi. Varian RAM 3 GB dapat menghasilkan skor 1.532 untuk pengujian single-core dan 5.434 untuk multi-core. Sementara versi 4 GB menghasilkan skor 1.409 untuk single-core dan 4.882 untuk multi-core. Chipset Exynos 8890 sendiri dilengkapi dengan prosesor octa-core buatan Samsung bernama Mongoose.


 photo GeekBench3-score-for-the-Helio-X20-tested-on-the-HTC-One-A9.jpg_zpsc8yrhkep.png


 photo GeekBench3-score-for-the-unannounced-Exynos-8890.jpg_zpsnbzq5te7.png
Memang dalam dunia smartphone, semua informasi dapat diperoleh. Termasuk bocoran akan ponsel, tipe, maupun teknologi baru yang akan diperkenalkan ke konsumen. Terlebih dengan adanya situs-situs benchmark, yang mana akan me-record juga device apa yang telah melakukan test di servernya.
Sepertinya setelah Mediatek ditunjuk sebagai tenaga inti dari semua lini smartphone Android One Google, trend hradware akan terus meningkat. Dulu chipset Mediatek dikenal hanya digunakan smartphone kelas bawah sampai menengah, tetapi sekarang Mediatek juga bertarung di segmen atas melalui seri Helio. Apalagi dengan kabar bahwa vendor papan atas seperti Sony, LG Electronics, HTC, Lenovo, Meizu, ZTE, Huawei, dan Xiaomi semuanya bakal menggunakan chip “deca-core” bikinan MediaTek ini untuk jajaran ponsel flagship mereka tahun depan.

 photo Its-a-Benchmark-bonanza-for-current-and-future-chipsets.jpg_zps5yylrjth.png
Prosesor bernama Helio X20 tersebut dijadwalkan akan mulai dikirim ke pemesan sekitar pertengahan tahun ini. Berarti, ia akan mulai muncul di produk-produk smartphone pada awal 2016. Kita tunggu saja debut beberapa smartphone dengan Helio X20 chipset. Salah satu smartphone yang telah siap rilis dengan Helio X20 deca-core dan RAM 4GB adalah Acer Predator 6.

Sumber: https://technonews.id/prosesor-mediatek-helio-x20-melengserkan-exynos-7420-dan-snapdragon-810/

Komentar

Postingan Populer